Sabtu, 25 Mei 2019

Tips Makan di Restoran Bareng Anak-anak


Udah pernah makan di cafe bareng lebih dari 5 anak? saya pernah, hihihi. Waktu jalan bareng anak-anak plus sepupu-sepupu mereka. Capek? jangan ditanya. Rusuh? Nggak juga, karena ada kiatnya biar makan di luar bareng anak-anak (apalagi kalau anaknya banyak kayak saya) tetap aman terkendali.

Berikut beberapa hal yang sering saya lakukan sebelum membawa anak-anak makan di luar ...


MEMILIH RESTORAN YANG LUAS
Bukannya gaya-gayaan nggak mau di tempat sempit, tapi saat bawa anak dan makan di tempat sempit itu effort banget. Kasian anak-anak juga yang merasa terkungkung dan sulit bergerak saat makan. padahal namanya anak-anak, pasti ada saja kegiatannya. Bukan berarti saya mengijinkan mereka lari ke sana kemari ya, namun saya ingin memberi raung yang cukup bagi mereka apalagi jika kami datang beramai-ramai.

PESAN MAKANAN LEBIH DULU VIA TELEPON
Jika situasinya cukup urgent, misalnya salah satu anak atau bahkan semuanya sudah lapar, biasanya, jika restoran yang saya datangi adalah restoran langganan, saya akan menelepon mereka dan meminta disiapkan beberapa menu terlebih dahulu.

Minimal saat datang, mereka punya sesuatu untuk ganjel, biar nggak pada cranky. Biasanya yang saya pesan adalah makanan pembuka yang nggak bikin mereka kekenyangan dan malah sulit melahap makanan utama.

BIASAKAN BERBAGI
Untuk menghemat, saya seringkali memesan satu porsi untuk berdua, jika kurang baru pesan lagi. Selain untuk berhemat dan mengurangi makanan yang terbuang, anak-anak perlu momen untuk sharing agar kedekatan mereka bertambah. Biasanya sih makan jadi lebih seru saat mereka semua saling berbagi.

BAWA MAINAN
Yes, ini penting sekali. Meskipun acaranya adalah makan bersama, anak-anak yang lebih kecil cenderung cepat bosan saat tidak boleh bebas bermain. Karena itu saya selalu mengusahakan membawa mainan untuk jaga-jaga saat si kecil bosan.

Mainannya bervariasi tapi pastinya yang bisa dimainkan sambil duduk, seperti puzzle, mobil-mobilan, boneka, dan juga gadget.

Itu dia tips sederhana dari saya. Semoga berguna bagi mama lainnya yaaa...

******

Tidak ada komentar:

Posting Komentar