Minggu, 21 Juli 2019

How to Discover Your Child's Potential | Parenting Talk with MCI

Psikolog Diana M.Psi, dari Melintas Cakrawala Indonesia

Hari Kamis 18 Juli lalu, aku menghadiri acara parenting di Rojiro caffee tepatnya di jl. Radar Auri, jalan raya Bogor, tempatnya enak dan nyaman. Makanan, camilan, dan coffee nya enak-enak, deh. Berasa banget dimanjain sama penyelenggara acara.

Acara ini membahas How to Discover Your Child's Potential dan pembicaranya adalah para expert dibidangnya, yaitu, Psikolog Diana Lie, M. Psi  serta Bapak Ari Kunwidodo selaku Chief Executife Officer PT MCI, juga ada Mc yang energic @Zataligouw.

PT MCI (Melintas Cakrawala Indonesia) memberikan solusi dan pelayanan untuk mengetahui kecerdasan anak melalui AJT CogTest (Test Kognitif). Kemampuan Kognitif bertugas menerima, mengolah, dan menyimpan informasi.

Test ini melibatkan lebih dari 250 Psikolog dan hampir 5000 anak indonesia. Teori Psikolog merupakan teori yang komprehensif di sini, waaahh senang sekali aku dan kita lebih mengetahui tentang ini, walaupun pasti sebagian besar orang tua sudah dan paham cara mendidik dan membimbing anak dalam pendidikan belajar, pendidikan di rumah, pergaulan, dan sebagainya.

Bpk Ari Kunwidodo, CEO PT MCI
AJT akan membantu orang tua dan guru lebih memahami kemampuan pembelajaran anak, serta cara berpikir anak. Tapi dengan tamba nya pengetahuan dari para psikolog-psikolog dan kebetulan yang aku dengar di acara event ini, dengan ada nya pengetahuan tentang cara dan bagaimana mendidik anak dalam pendidikan, dan bagaimana mengetahui bakat anak, sampai kesukaan anak (Kognitif anak).

Dalam pendidikan, ternyataa banyaaakk sekali yaa cara-caranya dan bagaimana kita para orang tua mengetahui tentang keinginan anak, kemampuan anak, IQ anak, batasan batasan anak, emosional anak daann bagaimana cara-cara mempelajari dan mengatasi semua itu.
.
AJT mengukur 8 bidang kemampuan anak usia 5 sampai 18 tahun, sehingga kekuatan serta kelemahan, kemampuan berfikir anak dalam belajar dapat terindentifikasi secara jelas dan lengkap,, waahh luar biasa yaa...
.
Kemampuan berfikir anak memang berbeda-beda, naahhh disini orang tua perlu belajar bagaimana cara mengatasi anak yang malas belajar di rumah, di sekolah (dicoba dan dicoba lagii, beri kelonggaran, terus mencoba tanpa kekerasan, makian, bentakan yang berlebihan, paksaan yang berlebihan) intinya HEART TO HEART juga satu tim kedua orang tua, persamaan pemikiran dalam mendidik anak.
.
Disini penting juga peranan orang tua dan guru untuk mengenali potensi yang dimiliki anak, agar mereka dapat tumbuh menjadi orang yang Percaya diri, Optimis, Berhasil, serta Bermanfaat bagi semua, jangan paksakan anak untuk selalu jadi yang tertinggi, terbaik dan terr terr,, sekali lagii kita harus melihat, mengenali potensi yang dimiliki anak dan kita para orang tua haruuss semangattt yaa mengembangkan potensi yang dimiliki anak,sabaarr mendidik anak, agar mereka senang dalam menjalaninya.

foto bersama usai acara
Bicara lagi mengenai anak yang malas, sebagian anak ada yang mengalami kesulitan belajar, susah untuk menerima materi pelajaran, sebagai orang tua dan guru menghindari ambil kesimpulan anak tersebut malass atau bodoh. Bukan berarti anak yang malas itu tidak cerdas. Seperti yang dikatakan Psikolog Diana Lie, kesulitan belajar kemungkinan dipengaruhi oleh kemampuan kognitif atau otak, kemampuan kognitif bertugas menerima,mengolah,menyimpan informasi. Jadii kita bisa mengetahui kemampuan kognitif mana yang memperlambat anak dalam proses pembelajarannya, sehingga kita dapat membantu dan memahami bagaimana anak dapat belajar sebaik mungkin dan kita bisa mengarahkan kemana dan apa kemampuan lebih yang dimiliki anak. Kita dampingi dan bimbing anak, sosial anak, emosional anak. Perlu nya Tim kedua orang tua, sabar dan peluk anak, tegas dengan tidak otoriter, puji anak dann jelaskan ketika anak salah mengapa dan apa salah mereka sehingga kita orang tua memarahi dan menasehati mereka, jelaskan apa salah mereka
.
  Consistent Discipline
-Reward : give what they like
-Reinforcement negatif : take what they like
-Be consistent : execute what you said
-Be one team : with your spouse apply what you both have agreed before

sesi tanya jawab
Aku seneengg bisa mengetahui semua ini, karena aku punya anak lumayan banyak yaa, jugaa dengan sifat dan kemampuan yang berbeda beda : 

No.1 - Santaii santai dalam belajar dan hasil nya juga gak terlalu jelek
No.2 - Disiplin, tekun dan Alhamdulillah selalu ranking dan mendapat Nem tinggi/bagus,tapii yang no. 2 punya sifat panikan, grogian suka nangis kalau ada keadaan mendesak dsb
No.3 - Ampuunn, kalo ngerjain PR, belajar, banyak iklan nya, juga jarangg belajar, tapi Alhamdulillah dia selalu ranking pertama atau kedua
No.4 - Laki laki, malaass nya  si no.4 belajar, suka nangis-nangis, suka ngamuk kalau disuruh belajar, juga syka main game(tapi gak seharian juga),kalau disuruh berhenti, sebentar lagi maa, dll. Nilainya sedang2 aja.
.
Naahhh, di sini pentingnya untuk mengetahui semua tentang anak anak aku nihh, dimana masalah nya, bagaimana mengetahui kognitif anak anak ini dan bagaimana cara mendidik nya. Semoga bisa yaa berkunjung ke PT MCI ini.
.
HOW TO DISCOVER YOUR CHILD'S POTENTIAL? 
- Stop Judging your Children, but Figuring Out Their Problems
- Profiling Their Cognitive Ability
- Heart To Heart Communication
- Applying Consistent Dicipline
- Give Them Warmth and Supportiveness Through Their Own Develoment Expertence


#Yukkenalianakkita dengan kepoin akun IG @Melintascakrawalaid dan kunjungi websitenya di www.melintascakrawala.id

********

Tidak ada komentar:

Posting Komentar